Selasa, 18 Januari 2011

SOYUS dan TDAS Teknologi Canggih Karya Anak Bangsa


SOYUS = Sistem Olah Yudha untuk Seskoau
TDAS = Transmission Data Air Situation

Pengembangan perangkat Lunak (Software) SOYUS dan TDAS yang dilakukan oleh Tiga perusahaan yaitu PT. Infoglobal AutOptima (IAO), PT. Infoglobal Teknologi Semesta dan PT. Global Performa Maksima dikenal sebagai produk paling canggih yang bernuansa teknologi tinggi (hi-tech). Produk ini dibangun berbasiskan teknologi .Net buatan Microsoft serta memanfaatkan sistem DirectX secara ekstensif untuk keperluan simulasi grafik berbasis tiga dimensi.




Pada sitem Solusi decision technology TDAS yang sudah digunakan oleh Komando TPertahanan Udara, IAO mampu untuk menggabungkan infrastruktur sistem radar militer dan sipil yang tersebar di seluruh indonesia, serta menghasilkan menjadi tampilan wilayah udara Indonesia secara terintegrasi.Artinya, Sistem Aplikasi berbasis decision technology ini mampu memberikan situasi sebenarnya wilayah udara nasional Indonesia dan mendeteksi terjadinya penyusupan udara oleh pesawat-pesawat ading. Bahkan sistem ini pun mampu menyimulasi jalur pacu sebuah pesawat terbang yang berada di wilayah indonesia sehingga pada situaasi khusus, seperti kecelakaan dan sejenisnya, mampu ditampilkan ulang untuk kepentingan evaluasi dan simulasi. Aplikasi canggih lainnya buatan IAO adalah SOYUS yang dirancang untuk keperluan sekolah Staf dan Komando TNI AU (seskoau) sebagai sebuah sistem war gaming yang terintegrasi dan waktu sesungguhnya (real time), memungkinkan para perwira TNI AU melakukan perencanaan dan komando pada tingkat strategis, taktis dan operasional. 

Produk kebanggaan anak bangsa ini dibangun dan dikembangkan oleh 5 orang programmer dalam jangka waktu 2 tahun dengan biaya sebesar Rp. 1 miliar. SOYUS adalah sistem tercanggih yang bisa jadi menjadi sebuah permainan simulasi online game yang setara dengan couter strike ataupun ragnarok Aplikasi SOYUS ini juga bisa melibatkan berbagai kekuatan militer (laut, udara, dan darat).

0 komentar:

Posting Komentar

Friend List

About Me

Foto Saya
Herlan Bagaskara
saya hanya seorang anak remaja yang diPAKSA membuat tugas blog agar terBIASA, dan akhirnya menjadi BISA karena biasa.. haha.. selain itu, saya juga penggemar teknologi yang menginginkan suatu saat bisa membuat sebuah alternatif teknologi.. hehe.. (^_^)v
Lihat profil lengkapku